Pengalaman Belajar Motor Kopling


Halo semuanya, hari ini pertama kalinya gue ngendarain motor manual (Yang ada koplingnya itu loh) dan gue mau berbagi pengalaman belajar ngendarain motor tiper ini.

Awal cerita gue dapet motor kopling dari temen bokap yang punya utang ke bokap gue, karna ga ada duit mulu akhirnya dikasih jaminan sama dia motor ini. Kebetulan tu orang butuh duit juga akhirnya dijual murahlah ni motor ke bokap gue.

Dan hari ini untuk pertama kalinya gue belajar ngendarain tu motor. Kalo motor lain sih gue lancar-lancar aja, beda cerita sama ni motor. Di pikiran gue pasti ga susah naikin ni motor, tinggal nyeimbangin lepas kopling sama ngegas aja. Tapi ternyata apa? Motornya mati mulu! 😂
Suer dah ga semudah keliatannya, ya mungkin ngga buat semua orang tapi buat gue yang bener-bener pemula sama motor manual susah banget buat mulai jalanin ni motor (Dari posisi motor diam ke jalan). Mungkin karna kebiasaan pake matic jadi ngerasa ni kopling sebagai rem belakang, akhirnya ngelepas kopling sekaligus mulu dan yaa gitu deh. Motor jadi lompat-lompat kedepan kaya kodok dan akhirnya mati hahaha 😆

Lama kelamaan akhirnya gue mulai bisa jalanin ni motor dari posisi diam, ga lompat-lompat lagi ni motor. Dan itu rasanya ... biasa aja sih 😐 Iya biasa aja wkwkwkw
Engga deh, seneng pastinya. Apalagi waktu ngoper gigi, behh ada sensasi tersendiri lah pake kopling tuh. Tapi kesenengan itu hancur seketika waktu ada gajlukan (baca : polisi tidur). Otak gue yang tadinya 0% langsung 100% kalo diibaratkan Processor komputer lol. Mikir keras gimana caranya biar ni motor ga mati, dan gue inget sesuatu. Karna gue seneng nontonin biker moge di youtube akhirnya hafal gerakan tangannya, intinya kalo motor mulai pelan banget kopling harus ditekan dan gas seperti biasa waktu udah lewatin gajlukannya. Bangga? Iyalah jelas (apasih norak banget kau) wkwkwk
Tapi ga selalu mulus setelahnya, sering banget ni motor mati gara-gara lajunya terlalu pelan dan gue terpaksa over ke gigi satu. Disini gue benci banget karna harus pas tuh tarikan gas sama pelepasan kopling. Greget anju 😩. Udah gitu koplingnya gue pegangin terus buat jaga-jaga dan tiap berenti ngegas gue teken tu kopling kaya orang oon :' akhirnya tangan cepet pegel dah hahaha plus diketawain bokap juga 😒

Akhirnya dikasihlah tips sama bokap, katanya ngegasnya jangan lemes~ Iya jangan lemes. Gue kan mikirnya gini, digas pelan aja lompat tu motor apalagi digas kenceng kan? Tapi ternyata sebaliknya. Jangan takut-takut buat nge-rev. Gasnya jangan dari 0 ke max langsung juga. Di geber-geber gitu loh dan mulai lepas kopling. Lepasnya pelan-pelan, kira-kira setengah lepas nanti bakal berasa kok motornya mulai jalan dan terus lepas sampai sepenuhnya lepas.
Tapi tetep aja sering lupa karna ga biasa wkwkw. 
Sekarang sih tinggal membiasakan diri aja sih, yaa semoga aja ga lama supaya bisa bonceng abe-abean yekan? hahaha 
Boong deng, dosa woi wkwkw. Maksudnya biar nanti kalo kebeli motor sport (Amin) ga kagok lagi ehe *Nyengir kuda*


Yah begitulah cerita pengalaman seorang anak muda yang pertama kali naikin motor manual. Semoga menghibur kalian semua! 😄.
Dan buat yang lagi belajar motor manual juga, tetep semangat!

Related Post

Previous
Next Post »